Home » » Musisi Muda, Berkarya Tanpa Batas

Musisi Muda, Berkarya Tanpa Batas

Written By Metro News Indonesia on Kamis, 07 Juni 2012 | 07.11


Jakarta, Metro News Indonesia
Tujuh kali menempati posisi terhormat sebagai juara pada ajang kompetisi musik dunia, tahun ini Elfa’s Singers menyatakan absen dari ajang bergengsi itu. “World Choir Games” tahun ini akan digelar pada Juni mendatang di Cincinnati AS. Agus Wisman, salah seorang anggota grup tersebut mengatakan, Elfa’s Singers absen dari ajang ini, karena selain sulit mencari sponsor yang sering menjadi masalah klasik menjelang lomba, waktunya juga mepet. “Bayangkan saja, Juni kan sebentar lagi.Kita belum melakukan persiapan apapun”, ujarnya.

Namun di luar kedua hal itu, penyebab utama mereka absen adalah tidak adanya lagi arranger sekaliber Elfa Seciora (alm). Maklum saja, grup vocal yang beranggotakan Agus Wisman, Yaha Julio, Lita Zein, dan Uci Nurul ini memang dibesarkan almarhum, kata agus pada Metro News  di senayan baru baru ini.

Menurut Agus, kepergian Elfa menghadap sang Khalik beberapa waktu lalu, tidak tergantikan oleh siapapun. Aransemen lagunya bukan hanya memanjakan pendengaran para penggemarnya, tetapi juga berhasil menarik apresiasi tinggi para juri di setiap ajang bergengsi.Bahkan untuk tingkat dunia sekalipun.

Seperti saat pertama kali Elfa’s Singers berhasil menjuarai “Plympic Choir”.Semua juri dan penonton memberikan standing ovation yang luar biasa, sebelum pertunjukan usai.“Iya, saya ingat betul, para juri mendatangi kita di belakang panggung dan memberi selamat sambil geleng-geleng kepala”, ujar Agus Wisman.

Agus mengatakan, aransemen dan kreativitas Elfa Seciora sangat luar biasa. Elfa’s Singers tidak akan eksis sampai seperti itu tanpa Elfa. Untuk beberapa persoalan yang berkaitan dengan manajemen, Agus dan kawan-kawan di Elfa’s Singers sedikit banyak dapat melanjutkan arahan-arahan yang selama ini diberikan almarhum.

“Tapi untuk kreativitas penciptaan karya, tidak bias.Itu betul-betul talent yang sangat personal.Makanya, hal itu juga yang melatarbelakangi kita tidak ikut kompetisi tahun ini.Khawatir tidak bisa seperti apa yang sudah dilakukan Bang Elfa pada kita”, ujarnya.

Tetap eksis

Meski absen dari ajang lomba, menurut Agus, Elfa’s Singers tetap sibuk mengerjakan perjalanan musik ke luar negeri.Dalam setahun sedikitnya terdapat empat perjalanan musik ke luar negeri seperti Amerika, Rusia, Korea, Afrika Selatan, dan banyak tempat lainnya.“Kita malah baru pulang banget dari Cape Town, Afrika Selatan”, ujar Agus.

Selama di Afsel dan negara-negara lain, Elfa’s Singers membawakan lagu-lagu daerah yang menjadi ciri khas Indonesia dan mendapat sambutan luar biasa. Keberangkatan Elfa’s Singers berkaitan dengan misi Departemen Perdagangan untuk mendatangkan investor.

“Jadi memang ada misinya dan kita bangga.Kita absen dari kompetisi itu juga untuk tujuan merangsang penyanyi-penyanyi lain untuk muncul”, uja Agus.

Bahkan Elfa’s Singers sudah dikontrak Negara Korea selama 10 tahun dari 2003 – 2013.Di Negeri Busan itu, Elfa’s Singers menggelar konser rutin.

“Jauh sebelum berkembang boy band dan girl band di Korea yang sekarang mendunia, masyarakat Korea banyak menikmati lagu kita dan Alhamdulillah semua tiket pentas kita biasanya sold out”, imbuh Agus.

Untuk menjawab rasa kangen para penggemarnya, Agus mengatakan, Elfa’s Singers sedang menyiapkan album terbarunya. Direncanakan album itu akan selesai dan dilempar ke pasar sekitar bulan Juni.

“Ini lagu kita yang pertama tanpa Bang Elfa.Semoga saja masih akan tetap memenuhi permintaan para penggemar”, ujarnya.Diakuinya, prestasi aransemen Elfa Seciora (alm) memang pantas mendapat nilai 9.Sementara untuk album yang sedang dipersiapkannya, mungkin masih nilai 7.

“Tapi inilah album yang kita buat bersama pertama kali. Insya Allah tidak akan jauh beda dari album yang sebelumnya”, demikian janji Agus.(P-R)
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Metro News Indonesia - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website
Proudly powered by Blogger